PENGENALAN DASAR PEMROGRAMAN (Materi SBP Pertemuan-1)

I. Pengertian

Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.

Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman adalah prosedur penulisan program.

Programer adalah Orang yang membuat sebuah program.

Terdapat 3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :

1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tatabahasanya).

2. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandungdidalam statement tersebut.

3. Kebenaran logika adalah berhubungan dengan benar tidaknya urutan statement.


Dalam membuat sebuah program, kita harus memakai teknik pemrograman, adapun teknik-teknik pemrograman tersebut diantaranya adalah :

• Pemrograman Procedural

• Pemrograman functional

• Pemrograman Terstruktur

• Pemrograman berbasis modul

• Pemrograman Berorientasi Objek

• Pemrograman Generic

• Pemrograman Deklaratif

II. Kriteria Bahasa Pemrograman

Beberapa kriteria pemilihan sebuah bahasa pemrograman :

• Clarity, simplicity dan unity

Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programer mengembangkan suatu algoritma.

• Orthogonality

Merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.

• Kewajaran untuk aplikasi

Bahasa pemrograman harus mempunyai : struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.

• Mendukung abstraksi

Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi.

• Kemudahan untuk verifikasi program

Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan.

•Lingkungan Pemrograman

Lingkungan pemrograman dapat berarti editor yang digunakan, dokumentasi yang baik, fasilitas debugging, user interface yang baik ataupun tools lain yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan progamer.

•Portabilitas program Kemudahan program untuk dipakai diberbagai jenis komputer.

•Biaya Penggunaan.

-Biaya eksekusi program

-Biaya kompilasi program

-Biaya penciptaan, testing dan penggunaan program

-Biaya pemeliharaan program

III. Aspek Pemrograman

Dalam pengolahan data dan pembuatan sebuah program diperlukan beberapa aspek-aspek dasar yaitu :

A. Brainware

Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.

Contoh : Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support, dll.

Dari contoh tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Analis Sistem

Berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.

2. Programmer

Berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh computer.

3. Operator

Bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.

4. Teknisi

Bertugas merakit atau memelihara perangkat keras computer.

B. Hardware

Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).

Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive, dll.

C. Software

Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).

Contoh : Sistem Software, Application Software, Package Software, dll

Dari contoh tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

1. Sistem Software / Perangkat Lunak Sistem (software pendukung)

• Program yang digunakan untuk mengontrol Sumber Daya komputer baik internal (RAM) maupun eksternal (Printer).

• Program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan hardware.

Contoh :

- Sistem Operasi(Windows, Linux dll)

- Utilitas merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk.

- device Driver (sebagai pengendali peripheral).

2. Application Software / Software Aplikasi

• Program yang digunakan pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik

Contoh : Word Processor (Pengolah kata) untuk membuat dokumen, Aplikasi Perbankan, Program untuk mengolah foto dll.

3. Package Software

• Program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum.

IV. Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan

A. Machine Language

Bahasa Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin ( komputer ) yang didalamnya terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua) keadaaan yang berlawanan, yaitu :

- Bila tejadi kontak (ada arus) bernilai 1

- Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0

B. Low Level Language (Bahasa Tingkat Rendah)

Karena susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yang mudah diingat yang disebut dengan “Mnemonics” ( Pembantu untuk mengingat ).

Contohnya :
A : Untuk kata Add (Menambahkan)

B : Untuk kata Substract (mengurangi )

Mov : Untuk kata Move ( Memindahkan )

Bahasa Pemrograman yang menerjemahkan Mnemonics disebut Assembler.

C. Middle Level Language (Bahasa Tingkat Menengah)

Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memilik instruksi – instruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh komputer.

Contohnya : bahasa C.

D. High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)

Bahasa Pemrograman yang dalam penulisan pernyataannya

mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman ini terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Procedure Oriented LanguageScientific

Digunakan untuk memecahkan persoalan Matematis/perhitungan

Misal : Algol, Fortran, Pascal, BasicBussines

Digunakan untuk memecahkan persoalan dalam bidangbisnis.

Misal : Cobol, PL/1.

2. Problem Oriented Language

Misal : RPG (Report Program Generator).

E. Object Oriented Language (Bahasa Berorientasi Obyek)

Bahasa pemrograman yang berorientasi pada obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsifungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteriakriteria yang dikehendaki saja

Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C , dll.

V. Kerangka Dasar Pemrograman



Keterangan :

-Originating

Kegiatan yang berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan (record) data ke dokumen dasar.

-Input

Kegiatan pemasukan data kedalam proses komputer dan melalui input device.

-Process

Kegiatan untuk pemrosesan data. Data yang sudah dimasukan yang disimpan didalam storage akan dilakukan proses aritmatik atau logika.

-Storage

Kegiatan berupa penyimpanan data, baik data yang belum diproses atau yang sudah berupa hasil pengolahan data untuk diteruskan keperangkat lain.

-Output

Kegiatan untuk proses menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output yang berupa informasi.

-Distribution

Kegiatan untuk pendistribusian data.

Sumber: http://raztafaera.blogspot.com/2011/11/pengenalan-dasar-pemrograman.html

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Popular Posts

Translate

Visitor

free counters